Download Free FREE High-quality Joomla! Designs • Premium Joomla 3 Templates BIGtheme.net
Home / Urbanesia / 10 Tips Paling Berharga Dari Budaya Menulis Yang Berbeda Dari Biasanya
Fall Candids
Fall Candids

10 Tips Paling Berharga Dari Budaya Menulis Yang Berbeda Dari Biasanya

Setelah menelusuri kisah menarik dari panduan gaya menulis paling berpengaruh dan menerapkan rekomendasi dari beberapa sejarah modern tentang penulis legendaris, berikut adalah tips paling berharga dari budaya kepenulisan yang berbeda dari biasanya: kali ini dari seorang pengusaha ikonik “Mad Man”, David Ogilvy.

Pada mulanya 7 September 1982, Ogilvy mengirimkan memo berikut untuk seluruh karyawan kelembagaan, berjudul “Cara Menulis” dan ditemukan pada tahun 1986 oleh gem The Unpublished David Ogilvy (public library): Seseorang yang berfikir dengan baik, akan menulis dengan baik. Orang yang berfikir tentang wol, akan menulis memo tentang wol, surat yang berisi tentang wol dan pidato tentang wol.

Tulisan yang bagus bukan bakat alami. Anda harus belajar untuk menulis dengan baik. Demikian kira-kira David Mackenzie Ogilvy, CBE, memberi tips ringkasnya. Dia adalah seorang eksekutif periklanan. Ia dikenal luas sebagai “Bapak Periklanan” menurut New York Times. Pada tahun 1962, majalah Time menyebutnya sebagai “penyihir yang paling dicari di industri periklanan saat ini”. Bagaimana kita bisa belajar menulis dari “tukang iklan”, mari simak langsung 10 nasehat menulisnya:
1. Membaca the Roman-Raphaelson Book On Writing. Baca buku ini sebanyak tiga kali.
2. Tulis sebagaimana kamu berbicara. Secara natural.
3. Gunakan kata-kata yang pendek, kalimat yang pendek dan paragraph yang pendek
4. Jangan pernah menggunakan kata-kata jargon seperti reconceptualize, demassification, attitudinally, judgmentally. Kata-kata itu hanya menunjukkan sebuah kemegahan tapi tidak memiliki arti.
5. Jangan pernah menulis lebih dari dua lembar dari berbagai subjek
6. Periksa kutipan yang kamu gunakan
7. Jangan pernah mengirimkan surat atau memo pada hari anda menulisnya. Baca lagi pada hari-hari berikutnya dan kemudian mengeditnya
8. Jika diperlukan, kamu bisa memilih partner untuk mengedit tulisanmu
9. Sebelum kami mengirimikan tulisanmu, pastikan apa yang kamu tulis jelas dan dapat dipahami oleh si pembaca
10. Jika kamu mengira menulis adalah tindakan yang terlalu konkrit dan langsung, maka jangan menulis. Tapi pergi langsung ke orang yang kamu maksud dan katakana apa yang kamu mau.

Saran-saran dari Ogilvy’s dapat kamu temukan dalam buku The Unpublished David Ogilvy, tambahan baik untuk kamu baca adalah tentang notable wisdom on writing. Buku ini sudah lama tidak dicetak, tapi kamu masih bisa temukan salinannya dengan membongkar saham Amazon atau di tumpukan perpustakaan 😉

*Diterjemahkan dari tulisan Maria Popova oleh Susan Gui & Sabiq Carebesth.

About admintopeng

Toko Buku dan Galeri Seni Topeng Kayu adalah toko buku menjual buku-buku terpilih, bermutu dari para penulis dengan reputasi baik dalam cabang-cabang penulisan. Topeng Kayu juga menyediakan bacaan tentang buku, sastra dan literature lain ditulis dengan gaya cergas dan enak dibaca untuk memenuhi kebutuhan referensi dan bacaan bermutu keluarga Indonesia. Terimakasih telah mengunjungi laman kami.

Check Also

Clara Ng

Kunci Sukses Menulis Novel Clara Ng

Menurut pengarang Clara Ng, kunci sukses utama dalam menulis novel adalah membuat plot yang matang. …

One comment

  1. Have you ever considered writing an e-book orr guest authoring on other sites?
    I have a blog based upon on the same idwas you discuss and
    woujld really like to havce you share some stories/information. I know my subscribers would appreciate your work.
    If you’re evn remotely interested, feel free to send me an email.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *