Download Free FREE High-quality Joomla! Designs • Premium Joomla 3 Templates BIGtheme.net
Home / Review Buku / Mas Marco Kartodikromo: Student Hidjo
sekolah topeng kayu

Mas Marco Kartodikromo: Student Hidjo

(1919) Hidjo ialah anak keluarga Raden Potroonoyo, seorang bangsawan rendahan. Ia jatuh cinta dan bertunangan dengan puteri seorang mantra polisi. Gadis ini bernama Biri. Sebagai kebanyakan para bangsawan pamong praja yang menyekolahkan anak-anaknya ke negeri belanda, maka Raden Protonoyo juga mengirimkan Hidjo ke negeri Belanda untuk mmelanjutkan pelajarannya.

Di negeri Belanda Hidjo menumpang pada keluarga Belanda yang mempunyai dua nak Betje dan Marie. Salah satu gadis Belanda ini mencitai Hidjo, yakni Betje. Hidjo tergoda sehingga pelajarannya terganggu. Tetapi Hidjo kemudian sadar akan kesesatannya dan berusaha memperbaiki dirina. Hidjo berhasil memutuskan hubungan dengan Betje secara baik-baik.

Sementara, di Indonesia, keluarga Potronoyo mengadakan Tamasya untuk istirahat di daerah pegunungan. Bersama Potronoyo menyertai pula putrinya bernama Biru. Di daerah peristirahtan itu keluarga Potronoyo berkenalan dengan keluarga Bupati Djarak yang juga membawa anak puterinya bernama Wungu. Gadis ini ternyata kawan Biru san Hidjo.

Seorang kontrolir belanda bernama Walter, jatuh cinta pada wungu. Walter sendiri sebenarnya sudah berhubungan dan menghamili seorang wanita belanda yang bekerja sebagai guru, bernam Jet Roos. Walter melamar wungu pada orang tuanya Bupati Djarak. Tetapi lamarannya ditolak. Akibat penilakan ini, walter menjadi buah bibir masyaraklat sekitarnya. Tidak kuat menanggung malu, walter pulang ke negeri Belanda. Karena walter ketika di Indonesia mengenal juga nama Hidjo yang sedang belajar di negeri Belanda maka Walter dengan mudah dapat menemuinya dan berkenalan dengan Betje. Akhirnya Walkter menikah dengan Betje. Keluarga Potronoyo dan keluarga bupati Djarak mencapai kesepakatan untuk mengawinkan Hidjo dengan Wungu, dan Biru dengan saudara laki-laki Wungu yang bernama Wardoyo. Sedang guru Jet Roos akhirnya menikah dengan sahabat karib Walter yang bernama Boeren, seorang administrator. (berdasarkan ringkasan Bakri Siregar)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *